Saat ini, WhatsApp (WA) tidak hanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi secara personal. WA juga banyak digunakan sebagai aplikasi berkirim pesan dengan fungsi beragam, termasuk untuk bisnis. Bahkan ada beberapa perbedaan WA bisnis dan WA biasa yang belum banyak diketahui.
Daftar Isi
ToggleBedanya WA Bisnis dan WA Messenger Biasa
WA Business alias WA Bisnis sejatinya sudah ada sejak 2018 lalu. Aplikasi ini mampu menyediakan berbagai keuntungan pada bisnis, utamanya dalam hal fungsi dan kenyamanan pengiriman pesan kepada para pelanggan.
Kehadirannya juga memfasilitasi perusahaan maupun para penjual online untuk mempromosikan merek atau produk yang dijual. Itulah mengapa, ada beberapa perbedaan antara WA Bisnis dan WA Messenger biasa sebagai berikut.
1. Profil akun
Salah satu perbedaan WA bisnis dan WA biasa yang pertama dapat dilihat dari tipe serta informasi yang terdapat pada profil akun pengguna. Profil ini menjadi salah satu fitur yang paling penting supaya orang-orang mengetahui siapa pemilik akun tersebut.
Dalam dunia bisnis, profil juga menjadi salah satu pertimbangan pelanggan untuk menaruh kepercayaan mereka terhadap suatu brand atau bahkan pada para penjual. Ketika mereka tahu bahwa profil akun terlihat profesional dan lengkap, tentu akan menjadi nilai tambah.
Profil WA biasa umumnya hanya terdapat nama pengguna, info, serta nomor telepon. Berbeda dengan WA bisnis yang menampilkan informasi secara lengkap seperti nama bisnis, kategori, alamat, jam kerja, website, bahkan deskripsi singkat usaha Anda.
2. Migrasi akun
Selain itu, bedanya WA bisnis dan WA biasa juga dapat dilihat pada saat melakukan migrasi pesan. Buat Anda yang baru saja mulai menggunakan aplikasi WA bisnis, hal ini tentu perlu menjadi perhatian khusus sehingga percakapan dan data-data penting tidak hilang.
Migrasi akun dapat dilakukan dengan mem-back up percakapan dan data terlebih dahulu pada WA Messenger biasa, kemudian baru menginstal WA bisnis dan memasukkan nomor pada WA tersebut. Nantinya, semua data akan lebih mudah diambil kembali.
3. Fitur balas pesan otomatis
Perbedaan lain yang juga menjadi salah satu keunggulan utama dari WA bisnis adalah adanya fitur balas pesan secara otomatis. Dengan demikian, Anda dapat berkomunikasi secara lebih cepat dengan para pelanggan. Fitur inilah yang tidak dimiliki oleh pengguna WA biasa.
Pengaturan chat dapat Anda lakukan sendiri sebagai pemilik bisnis. Misalnya jika pelanggan mengetik angka 1, maka akan muncul pesan selamat datang. Atau jika mengetik angka 2, terdapat form template pemesanan online.
Pesan otomatis ini sendiri terdiri dari 3 jenis, yakni Quick Replies, Away Messages ketika bisnis sedang libur, hingga Greeting Messages untuk menyambut pelanggan yang baru chat pertama kali pada akun bisnis tersebut.
4. Fitur broadcast
Ada juga perbedaan WA bisnis dan WA biasa yang dapat diketahui secara langsung, terutama ketika Anda ingin mengirimkan pesan ke semua pelanggan. Tentu akan sangat mustahil jika Anda ingin mengirimkan pesan ke ratusan orang, tidak mungkin dikirimkan satu per satu, bukan?
Dengan menggunakan WA Business, mengirimkan banyak pesan dalam waktu bersamaan bukanlah suatu hal yang mustahil. Anda dapat membuat satu template untuk dikirimkan ke puluhan atau ratusan orang dalam satu waktu.
Tentunya, fitur ini dapat digunakan ketika bisnis Anda sedang mengadakan promo atau informasi penting lainnya. Dengan begitu, semua pelanggan akan mendapatkan informasi dan promo secara bersamaan dalam waktu singkat.
5. Manajemen produk bisnis
Satu perbedaan WA akun bisnis dan biasa lain yang juga dapat Anda temukan pada WA bisnis yakni adanya fitur untuk mengelola berbagai produk. Pengelolaan ini tentu saja sangat penting sehingga Anda lebih mudah menawarkan produk yang dijual kepada calon pelanggan.
Adapun salah satu fitur yang dapat digunakan yakni dengan katalog produk. Fitur ini memang hanya terdapat di WA Business. Fitur ini tersedia supaya dapat Anda gunakan sebagai wadah untuk mempromosikan produk yang dijual.
Dengan adanya katalog, para calon pelanggan dapat langsung mencari tahu harga hingga kelebihan produk tersebut. Anda bahkan dapat memajang ratusan produk atau layanan supaya para pelanggan dapat mengetahui info produk dengan lebih jelas.
6. “Tambah Keranjang” di katalog produk
Adapun perbedaan WA bisnis dan WA biasa lain juga masih ada di bagian katalog di mana para calon pelanggan dapat menemukan fitur “Tambah ke Keranjang”. Karena fitur katalog hanya ada di akun WA bisnis, maka Anda tidak akan menemukan tombol keranjang tersebut pada WA biasa.
Fitur ini akan memudahkan pelanggan dalam melakukan proses pemesanan produk. Calon pelanggan juga dapat mengumpulkan item produk yang ingin dipesan untuk dimasukkan terlebih dahulu dalam keranjang tersebut.
Pelanggan juga dapat menambahkan dan mengirimkan item-item yang diinginkan tersebut kepada Anda sebagai penjual dalam satu pesan. Proses pemesanan dan pembelian produk sudah pasti juga akan semakin cepat.
7. Adanya manajemen percakapan
Selain fitur pada katalog, perbedaan WA biasa dan WA bisnis lain juga dapat Anda temukan pada bagian manajemen percakapan. Berbeda dengan WA Messenger biasa yang hanya dapat dipakai untuk mengelola percakapan pribadi atau grup dengan fitur standar.
Adapun beberapa fitur percakapan WA Bisnis salah satunya adalah Labels pada kontak. Melalui label yang dapat diberi warna ini, Anda dapat menandai masing-masing kontak atau grup dengan mengurutkan kontak sesuai nama dan hingga maksimal 20 label khususnya.
8. Adanya dukungan API
Ada juga dukungan API yang tersedia pada WA Business. API ini juga terbilang berbeda dengan WA Business biasa karena ada beberapa fitur tambahan yang lebih lengkap. Teknologi ini bahkan memungkinkan WA bisnis dapat terhubung dengan aplikasi lainnya.
Biasanya, WA Business API ini banyak ditujukan untuk bisnis skala menengah dan besar. Tentunya dengan pertimbangan basis pelanggan yang sudah sangat luas. Tidak mengherankan kalau Anda perlu membayar sejumlah biaya.
Adapun perbedaan WA bisnis dan WA biasa dengan fitur API ini memang cukup banyak. Namun bagi Anda yang baru menjalankan bisnis sebagai pemula, menggunakan WA Business biasa saja sebenarnya sudah lebih dari cukup.
9. Dashboard analisis data
Terakhir, WA Business menyediakan dashboard data yang dapat dianalisis lebih jauh. Dengan begitu, aktivitas marketing dapat berjalan secara lebih maksimal. Fitur ini tentu saja sangat penting meskipun tidak ada pada WA biasa.
Adanya analisis data ini akan membantu Anda menentukan seperti apa strategi marketing yang akan dilakukan nantinya. Terlebih, strategi tertentu wajib digunakan untuk melayani para pelanggan yang tidak sedikit jumlahnya.
Itulah deretan perbedaan WA bisnis dan WA biasa yang wajib Anda ketahui sebagai penjual online. Segera upgrade akun WA Anda menjadi WA bisnis supaya produk dan merek yang Anda tawarkan semakin terlihat profesional!